5 Tempat Kuliner Jogja yang Instragamabel Mudah Dijangkau

  • Whatsapp
Kuliner Jogja terbaik murah dan instagramabel

Tempat kuliner Jogja instagramabel banyak banget. Tapi, umumnya modern, misal kafe. Nah, kali ini Tukang Kuliner punya rekomendasi tempat kuliner Jogja yang instagram banget namun temanya tradisional. Yah, kayak saung misalnya. Rasanya, kalau dikulik lebih dalam, tempat kuliner Jogja yang instagramabel bukan cuma kafe dan semisalnya, yang identik dengan anak muda.

Nah, pada artikel kali ini kalian bisa dapatkan rekomendasi menarik kuliner terdekat tempat kamu menginap. Artikel kali ini Tukang Kuliner carikan yang enak, namun murah serta mudah dijangkau. Jadi, jika kamu sedang di Jogja dan butuh rekomendasi kuliner terbaik, artikel inilah jawabannya.

Read More

5 Kuliner Jogja yang Murah dan Instagramabel

1. Sate Klatak Pak Pong

Sate klatak adalah sate yang dibuat dengan bumbu garam serta merica saja. Tanpa ada tambahan bumbu lain. Dan isinya cuma 2 tusuk, namun ukurannya cukup gede. Kamu, jangan khawatir tidak kenyang. Meski cuma 2 tusuk, ukurannya besar serta ada kuahnya. Nah, kuah inilah yang akan membuatmu semakin berselera. Bisa tambah nasi.

Di Jogja banyak sekali sate klatak. Menurut cerita, sate ini dibuat pertama kali oleh orang Imogiri, kemudian menyebar ke seluruh Jogja. Sate klatak memang unik. Dia bukan ditusuk dengan bambu seperti umumnya namun dia ditusuk pakai ruji sepeda. Seporsi sate klatak cukup murah, cuma 30 ribuan sudah dapat nasi plus segelas teh panas.

Sate Pak Pong adalah sate klatak pertama. Tempatnya sederhana, untuk menikmati sajian ini harus antri sampai 30 menitan. Rasanya, meski antri panjang, lelah akan terbayar dengan sate yang lezat dan kuah penuh rempah-rempah khas Nusantara yang menggugah selera.

Kenapa instagramabel? kamu buktikan saja deh. Tempatnya sederhana dan antrian yang mengular akan membuat kamu paham sendiri. O, ya, Sate Klatak Pak Pong juga sate legendaris di Jogja. Meski sudah berdiri sejak 1960 an, namun resep tetap dipertahankan sampai hari ini.

Informasi:

Alamat: Jln. Imogiri timur Km 10, Wonokromo, banthul, Yogyakarta.

Buka: Senin-Minggu, Jam 10.00 Pagi – 00.00

Harga: 30 ribu per porsi lengkap dengan nasi dan teh

Lokasi maps: Sate Klatak Pak Pong

2. House of Raminten

Siapa yang tidak kenal dengan tempat ini? Resto ini kental sekali dengan budaya jawanya. Menjejakkan kaki di sini, kamu akan merasakan sensasi instagramabel yang kuat.

Kabar gembiranya, di sini tersedia meja sesuai kebutuhan. Jika datang sendirian, cukup pakai yang meja untuk 2 orang. Kalau bersama keluarga pakai yang 8 orang. Masakan di sini pun terkenal murah dan lezat. Tidak akan bikin kantong jebol.

Daftar menunya merakyat banget. Karena di tempat ini kamu bisa menemukan nasi kucing, mendoan, bahkan wedang uwuh pun ada. Menarik bukan?

Informasi:

Alamat: Jl. Faridan Muridan Noto No.7, Kotabaru, Gondokusuman

Buka: Senin – Minggu, 24 jam

Harga: Mulai 5 ribuan

Lokasi Map: House of Raminten

 

3. Mi Lethek Mbah Mendes

Mengunjunginya, kamu akan mendapatkan suasana sederhana namun instragramabel. Kursi dan meja dibuat natural, tidak ada sentuhan modern yang berarti. Tapi inilah yang membuat pengunjung betah.

Mi yang disajikan sebenarnya mirip dengan bakmi jowo pada umumnya, akan tetapi memiliki ciri khas. Lethek dalam bahasa jawa artinya kotor. Yang membedakan, mi lethek dibuat sendiri dengan bahan ketela. Bukan mi olahan pabrik. Tanpa pengawet dan bumbu tambahan sintetis.

Informasi:

Alamat: Dusun Sarirejo, Kelurahan Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Sleman.

Buka: Senin – Minggu, jam 08.00-22.30 wib

Harga: Mulai 20 ribuan tergantung tambahan

Lokasi Map: Mie lethek Mbah Mendes

 

4. Molih Ndeso

Bayangkan! kamu duduk di tengah sawah, udaranya sejuk nan asri. Kemudian menyantap makanan ndeso yang natural, ditemani keluarga. Nah, semua itu akan kamu dapatkan di saung satu ini. Karena berada di tengah sawah, tentu saja layak untuk dijadikan spot foto.

O, ya, sajian di sini harganya murah meriah. Jangan takut kantong jebol. Selain saung makan, di sini juga ada wahana permainan yang menarik mulai outboond dan permainan lainnya.

Jika ke sini, jangan lupa ajak keluarga. Karena spot instagramabelnya sangat tidak direkomendasikan foto sendirian.

Informasi:

Alamat:Jl. Beringin 1 Garan, Denokan, Maguwoharjo, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55282

Buka: Senin-Minggu, jam 08.00-21.00wib

Harga: Variatif. Mulai 10 ribuan

Lokasi Map: Molih Ndeso

 

5. Soto Sampah

Dari namanya saja kamu pasti penasaran. Namun sampah bukanlah arti sebenarnya. Melainkan hanya sebuah julukan karena ingredient. Soto ini sebenarnya sudah berdiri sejak tahun 1970 an.

Tukang Kulineran pernah sekali mengunjunginya, tapi tidak di pusatnya. Hanya di daerah Alun-alun Utara. Soal rasa lumayan, meski kesannya masih standar. Tetapi sangat pantas direkomendasikan untuk penyuka masakan gurih.

Menurut ceritanya disematkan sekitar tahun 2000, ketika ada beberapa anak punk yang makan di sini, kemudian menamakan sot sampah. Alasannya dia menggunakan gajih, bukan daging. Sehingga sekilas berminyak dan kesannya seperti makanan sisa.

Sederhana sekali. Jika malama tiba, soto ini akan banyak orang antri. Mereka makan dengan alas tikar. Bukan bangku yang mewah atau semisal House of Raminten. Nah, inilah spot foto instagramabel alamiah tradisional yang bisa kamu dapatkan.

Informasi:

Alamat: Jl. Kranggan No.2, Cokrodiningratan, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55233

Buka: Senin – Minggu, Jam 8.00-3.30 wib

Harga: Mulai 20 ribuan, tergantung tambahan

Lokasi Map: Soto Sampah

 

Kesimpulan

Rekomendasi kuliner Jogja kali ini cukup menarik dan beragam. Dari semua itu, Tukang Kulineran bisa simpulkan kalau berburu kuliner di Jogja tidak ada matinya. Makanya, gunakan sosial media dulu untuk memastikan tempat tersebut bagus atau tidak.

Semua informasi yang Tukang Kulineran hadirkan bisa saja berubah, namun setidaknya sudah diverifikasi dulu. Selanjutnya, terserah kamu semua.

Related posts