Dapat Daging Kurban? Ini Cara Membuat Sate Kambing yang Praktis, Tapi Empuk dan Enak

  • Whatsapp
cara membuat sate kambing goreng yang empuk

Cara membuat sate kambing agar empuk, cukup dengan merendam dengan nanas, atau daun pepaya sebelum dibakar. Namun,  agar meresap bumbunya, perlu trik. Saat ini mau bikin sate namun bingung caranya? artikel ini bisa menambah wawasan kamu deh.

Idul Adha selalu membawa euforia positif. Momen ini adalah waktu terbaik untuk berbagi daging kurban. Tapi, sering bikin bingung, mau dimasak apa? apalagi dapat daging kambing dalam jumlah banyak. Sate adalah salah satu menu favorite. Untuk itu, pelajari cara membuat sate kambing pada informasi di kali ini.

Read More

Cara Membuat Sate Kambing Empuk dan Tidak Prengus

Kalau hilang prengusnya sama sekali, tidak akan bisa. Kamu hanya meminamlisir. Lagian, khasnya daging kambing kan, memang prengus. Beda dengan sapi.

Daging kambing bisa diolah dengan banyak citarasa. Untuk menghilangkan bau prengus, tambahkan rempah seperti jahe, jinten.

Ada banyak teknik membuat sate kambing yang enak. Tergantung selera juga.

O, ya, di warung sate, daging empuk bukan karena trik, karena mereka pakai kambing muda. Usia 3 bulanan. Makanya empuk.

Jadi, di mana inti dari sate kambing yang enak?

Pertama pengolahan daging. Ngga harus pakai kambing muda. Jika kamu bisa mengolah, pasti bagus. Kedua bumbu. Kalau mau bumbu meresap, marinasi sebelum dibakar. Detailnya begini;

Pemilihan daging. Pakai kambing muda, jika ingin buka warung sate. Tapi, kalau kamu dapat daging kurban, pakai nanas atau daun pepaya.  Yang bikin daging keras dan alot, adalah protein, maka protein bis diurai dengan enzim papain yang ada di dalam daun pepaya dan nanas.

Proses sebelum dibakar. Marinasi dengan bumbu. Rendam dengan bumbu minimal 30 menit. Ini akan membuat daging semakin enak, dan tentu saja bumbunya meresap. Apalagi daging kurban, coba deh rendam dengan bumbu dasar saja, misal: Bawang putih, ketumbar, cabe, perasan jeruk.

Ketiga proses pembakaran. Banyak yang mengira, jika daging dibakar terus menerus akan mudah empuk. Tapi ini salah. Coba pakai besi jeruji ketika membakar sate. Dan bakar berulang kali, sambil sesekali diolesi bumbu. Proses ini akan membuat bumbu meresap dan empuk.

Nah, simpelnya, membuat sate hanya butuh: Mengiris daging, marinasi dengan bumbu, kemudian bakar. Tertarik dengan resep bumbunya?ada beberapa macam bumbu. Dari bumbu kacang sampai kecap. Kita coba dengan bumbu kecap dulu yuk!

Cara Membuat Sate Kambing dengan Bumbu Kecap

Bahan:

  • 500 gram daging kambing potong dadu
  • Tusuk sate

Bahan rendaman untuk mengempukkan daging

  • 1 buah jeruk lemon, ambil airnya
  • 1 buah nanas parut
  • Jahe geprek sekitar 5 centi
  • Parut semua dan gunakan untuk merendam daging selam 30-60 menit

Bumbu Kecap:

  • 1 bungkus kecap bango yang 2500
  • 6 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 1 sendok makan ketumbar bubuk

Cara Membuat Sate Kambing dengan Bumbu Kecap

  • Tusuk semua daging yang sudah direndam kemudian bakar
  • Setiap 5 menit angkat sate dan celupkan ke bumbu kecap atau bisa pakai kuas
  • Bakar kembali sampai benar-benar matang
  • Lalu, sajikan dengan sisa bumbu kecap dan irisan cabe rawit

Bakar semua sate yang ada. Dan makan segera dengan nasi putih hangat. Nikmat Tuhan mana, yang kamu dustakan?

Cara Membuat sate yang enak, empuk dan praktis mudah bukan? sangat mudah. Bahkan kamu bisa membuatnya dengan cepat. Tidak perlu lama, dan tidak perlu ribet. Pokoknya, dapat daging kurban kebanyakan, jangan panik. Selain bisa dibuat sate, bisa juga dibuat masakan lain. Pada kesempatan yang akan datang, Tukang Kulineran akan berikan resep nasi kebuli yang istimewa dan tentu saja praktis dibuatnya.

Related posts