10 Kuliner Jogja Ini Harga Kaki 5 Rasa Bintang 5 lo, Buktikan!

  • Whatsapp
Informasi kuliner Jogja siang dan malam yang bisa dikunjung

Kuliner Jogja tidak terbatas tempat dan waktu. Oleh karenanya, 10 rekomendasi ini hanya sebagian kecil. Jika kamu sedang berencana plesir ke Jogja, atau bahkan sedang di Jogja, jangan lupa simpan daftar alamat wisata kuliner terbaik ini.

Memang Kuliner Jogja identik dengan Gudeg. Tapi, bukan berarti tidak ada kuliner lain. Sebab Jogja adalah miniatur Indonesia, sehingga soal kuliner tentu beragam. Mulai yang murah, mahal. Asia atau ala barat. Sekarang simak saja yuk.

Read More

10 Kuliner Jogja Terbaik

 

1. Pecel Pasar Beringharjo

Rasa identik jawa, yakni manis dengan sedikit pedas jika kamu mau. Semuanya sehat. Karena pecel bahannya pun alami. Mulai sayur rebus, kacang, gula jawa, cabe. Mengunjungi Joga, rasanya tidak lengkap tanpa mencicipinya.

Seporsi hanya 10 ribuan. Jika ingin lauk, ada lauk ringan seperti kerupuk bahkan peyek. Kalau kamu nginep di Malioboro, jangan lupa ke sini ya.

Informasi

Alamat: Jl. Margo Mulyo Jalan Jendral Ahmad Yani, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta

Buka: 06.00 wib – 15.00 wib

Lokasi Map: Pecel Pasar Beringharjo

Harga: 10 ribu – 30 ribuan

 

2. Gudeg Mbah Lindu

Jika kamu nginep di sekitaran Malioboro, Gudeg Mbah Lindu adalah pilihan tepat makan malam. Atau bisa juga buat sarapan pagi sekeluarga. Menurut Tukang Kuliner, rasanya tidak jauh beda dengan Gudeg Jogja pada umumnya.

Meski jika diperhatikan seksama, kerecek yang dijual ada sedikit different taste. Di sini, kamu juga bisa nambah lauk sesuai selera. Soal harga sangat ekonomis. Kabar gembiranya, gudeg di sini sangat otentik. Mbah Lindu, usianya sudah 100 tahun. Dan otomatis, resep gudegnya juga berusia puluhan tahun. Guys, rasanya tidak berubah.

Tukang Kulineran sarankan, kamu ke sini dulu. Sebelum menjelajah kulineran di tempat lain. Kapan lagi mencicipi gudeg yang usianya lebih dari 50 tahun?

Informasi

Alamat: Jl. Sosrowijayan No.30, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55271

Buka: 06.00 wib – 11.00 wib                     

Lokasi Map: Gudeg Mbah Lindu Sosrowijayan

Harga: Mulai 10 ribuan

 

3. Bakmi Jowo Mbah Gito

Rasa gurihnya selalu membuat ketagihan. Itulah kesan yang Tukang Kulineran rasakan. Di sini, kamu bisa memesan Bakmi Goreng dan Godog. Isinya mie, kubis, serta daging ayam red atau jawa. Kuahnya memakai rebusan kaldu ayam. Jadi, segar sekali. Ini kenapa Bakmi Jowo selalu nikmat.

Lauk favorite Tukang Kuliner adalah Uritan. Itu, yang tempat telur. Ada sensasi tersendiri ketika menyantapnya bersama kuah panas. Namun untuk porsi, rasanya satu cukup. Sebab porsi banyak harga juga murah meriah.

Informasi

Alamat: Jl. Nyi Agengnis No.9, Rejowinangun, Kec. Kotagede, Kota Yogyakarta

Buka: 12.00 wib – 24.00 wib                     

Lokasi Map: Bakmi Jowo Mbah Gito

Harga: Mulai 15 ribuan

 

4. Soto Sampah

Soto ini memanfaatkan gajih, dan beberapa isian lain. Jika dilihat berserakan. Konon, ada sekelompok anak Punk di tahun 1990, mereka mampir dan kemudian menyebutnya Soto Sampah. Bukan makian, namun karena penampilannya mirip sampah. Sejak itu, namanya menancap sampai sekarang.

Nah, bicara soal rasa, Tukang Kuliner berikan 8.9 Selain gurih, sensasi segar kuahnya sangat lezat. Cocok dinikmati siang maupun malam. Nilai plusnya, soto ini memakai irisan telor juga. Bukan irisan ngirit, namun 1 telur utuh. Selain lezat, bergizi dan bikin kenyang.

Informasi

Alamat: Jl. Kranggan No.2, Cokrodiningratan, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta

Buka: 24 jam                  

Lokasi Map: Soto Sampah

Harga: 6 ribuan

 

5. Lumpia Samijaya

Nginep di Malioboro? coba deh cemilan ini. Lumpia ini jualan sejak 40 tahun. Soal rasa, ngga beda jauh dengan Semarang. Jujur saja, Tukang Kuliner lebih suka ini lo. Isinya ada daging, telur puyuh dan bengkoang. Unik kan?

Soal rasa 9 deh. Rasa dominan gurih. Namun kriuknya juga membuat sensasi makan semakin bermakna. Jika ingin kuliner yang bisa dibawa keliling selama di Jogja, coba saja Lumpia Samijaya.

Informasi

Alamat: Jalan Malioboro Nomor 18, Suryatmajan, Danurejan, Kota Yogyakarta

Buka: 09.00 Wib-  16.00 Wib             

Lokasi Map: Lumpia Samijaya

Harga: Rp3000 – Rp4000

 

6. Pecel Legendaris Bu Wiryo

Legendaris guys! berdiri sejak 1959, makanya kamu wajib ke sini. Memang sih, soal rasa ya begitu saja. Tapi pecel di sini luget banget. Kacangnya banyak dan kental sekali. Ada tambahan lauknya, kamu kenyang deh, makan seporsi saja.

Lauk tambahan ada tempe, telor ceplok, sate usus, sate telur puyuh, sate usus, dan ayam goreng. Tinggal pilih. Nah, menikmati pecel di sini, kamu akan dibawa ke Jogja tempo dulu. Ada iringan angklung serta nuansa Nusantara yang kental.

Informasi

Alamat: Jl. Agro CT VIII Klebengan, Selokan Mataram

Buka:  07.00Wib – 20.00 Wib        

Lokasi Map: Pecel Bu Wiryo 1959

Harga: Rp19.000

 

7. Sate Kere Beringharjo

Kere artinya miskin. Yap, sate ini juga asal muasalnya begitu. Orang kaya makan sate pakai daging, sedangkan orang miskin cuma tempe dan tahu. Berbeda dengan Solo yang pakai gajih, Yogyakarta pakai tempe yang ditusuk. Lalu dibakar.

Soal rasa? dijamin nikmat. Memang sih, bumbunya identik jawa banget. Bagi kamu yang ngga suka manis, bisa kok rekues bumbu siram yang agak pedas dan asin misalnya. Seporsi tidak lebih dari 20 ribu.  O, ya, di Jogja yang jual sate ginian banyak. Jangan salah. Selain tempe ada juga koyoran.

Informasi

Alamat: Pasar Beringharjo D.a: Jl. Pabringan No.16, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55122

Buka:  07.00Wib – 16.00 Wib        

Lokasi Map: Sate Kere Beringharjo

Harga: Rp3000-Rp5000

 

8. Walang Goreng Pak Gareng

Namanya mirip ya? Goreng Gareng. Iya, inilah salah satu penjual walang terkenal di Jogja. Kadang orang mengira, Kuliner Jogja walang, ya Pak Gareng. Tapi tidak kok, Ada banyak. Penyuka kuliner ekstrem akan suka.

Walang rasanya gurih, penuh protein. Menyehatkan meski bagi sebagian orang kesannya kotor. Cobain deh. Satu plastik ngga sampai 50 ribu.

 

Informasi

Alamat: Jl. Dharmakum dharmakusuma Selang 1 Kel, Selang V, Selang, Kec. Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul

Buka:  07.00 Wib – 16.00 Wib        

Lokasi Map: Walang Goreng Pak Gareng

Harga: Rp35.000 setoples

 

9. Mie Ayam Bu Tumini

Mie ayam ini beda dengan lainnya. Kuahnya kental, coklat. Rasa identik gurih dan sedikit manis. Di sini, seporsi  cukup banyak. Kenyang deh makan di sini. Saran Tukang Kuliner, kalau mau ke sini sore atau malam.

Siang, apalagi jam makan siang ramai. Lokasi juga mudah dijangkau kok. Tertarik? jika sedang plesiran di Jogja, cobain deh. Baru kamu akan bisa komentar.

 

Informasi

Alamat: Jl. Imogiri Tim. No.187, Giwangan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta

Buka:  00.00 Wib – 16.00 Wib        

Lokasi Map: Mie Ayam Bu Tumini

Harga: Rp8.00-Rp15.000

 

10. Gudeng Mercon Bu Tinah

Penyuka pedas coba ke sini. Rasa gudegnya 8. Serius, kamu bisa coba sensasi makan pedas yang bikin ndower. Gudeg biasanya lauk telur, ayam. Di sini kamu bisa pakai oseng mercon, yakni koyoran sapi yang dimasak pedas.

O, ya, mercon maksudnya super pedas ya. Bukan dalam arti sesungguhnya. Seporsinya murah, gudeg mercon plus teh cuma 15 ribu. Kalau nambah lauk, harga variatif. Tergantung tambahannya apa.

 

Informasi

Alamat: Jl. Asem Gede No.8, Cokrodiningratan, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta

Buka:  21.00 Wib –  03.00 Wib        

Lokasi Map:  Gudeg Mercon Bu Tinah

Harga: Mulai Rp15.000

Kesimpulan

Kuliner Jogja sangatlah beragam. Mulai kuliner malam hingga siang. Jika ke Jogja, jangan lupa Googling, untuk mendapatkan informasi kuliner Jogja terbaik. Kadang yang hit belum tentu terbaik. Maka, akan lebih baik kamu siapkan daftar wisata kuliner yang akan dikunjungi.

Sekian dulu ya, jangan lupa klik share. Selalu tunggu update dari Tukang Kulineran. Semoga yang ringkas ini bermanfaat buat kamu semua.

Related posts